Saturday, November 19, 2016

Tugas 2 Pengantar Telematika

1. Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika! 

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terbentuk dari 2 atau lebih komputer melalui media telekomunikasi baik melalui kabel atau pun nirkabel. Perkembangan teknologi telekomunikasi membentuk bagaimana transfer informasi didalam jaringan komputer menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Beberapa tahun lalu jaringan komputer menggunakan media kabel tembaga, saat ini media kabel menggunakan fiber optic dengan kapasitas dan kecepatan yang sangat tinggi dan jarak yang jauh.Dan juga perkembangan teknologi telekomunikasi nirkabel semakin mempermudah dan mempercepat dalam mengakses layanan telematika. Karena itu Jaringan komputer berperanan penting yang merupakan komponen utama dari layanan telematika.

2. Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi!
seiring dengan perkembangan teknologi, jangkauan dan perangkat telekomunikasi mendukung layanan telematika. Berbagai aplikasi baru juga bermunculan dengan fungsi yang bermacam-macam.
  • Sosial Media, aplikasi yang menjadi wadah dalam bersosialisasi secara online. Para pengguna dapat saling berbagi foto, video dan dapat membuat kelompok atau group yang memilki kesamaan pembahasan. Contoh : Facebook, Twitter, Instagram, Linkedln, dan lain-lain.
  • Messaging, Aplikasi pengirim pesan yang sudah berevolusi dari sekedar plaintext dengan SMS, sampai dengan mengirimkan gambar, video, dan document. Bahkan beberapa penyedia aplikasi sudah menyediakan layanan video call didalam aplikasi Messaging. Contoh : Whatsapp, Telegram, Line, IMO, Blackberry Messanger.
  • E-Commerce, Salah satu aplikasi yang merubah definisi marketing dan jual beli. Masyarakat sudah tidak mengandalkan toko untuk bertransaksi jual beli. Dengan e-commerce transaksi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan hampir tanpa delay. Contoh : Tokopedia, blibli, tokobagus, bukalapak. 

3. Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika!

Client Server : Internet Banking, Browsing, Email.
Peer-to-peer : File Sharing, Printer Sharing.


No comments:

Post a Comment