Sunday, October 6, 2013

Artikel ISD 1

PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL



Pada tahun 2013 populasi penduduk dunia sudah mencapai 7 Triliun orang  dan pertumbuhan penduduk ini diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai 8 Triliun pada tahun 2024.
Dengan pertumbuhan penduduk yang sangat cepat maka kebutuhan-kebutuhan hidup juga meningkat, hal tersebut juga mengakibatkan perluasan wilayah kependudukan yang sangat cepat dan bahkan cenderung mengakibatkan perubahan lingkungan sekitarnya. Selain itu pertumbuhan penduduk juga  mendorong perkembangan teknologi yang cepat pula.

Semakin tinggi pertumbuhan penduduk dan banyaknya populasi maka perkembangan teknologi juga semakin cepat. Perkembangan teknologi secara langsung juga mempengaruhi perkembangan aspek sosial dan budaya dalam suatu populasi penduduk. Dapat digambarkan kerterkaitan antara Pertumbuhan Penduduk dengan Perkembangan Sosial dan juga adanya keterlibatan perkembangan teknologi pada bagan dibawah ini.


Dalam penerapannya Pertumbuhan penduduk yang mempengaruhi perkembangan teknologi dan perkembangan sosial membentuk beberapa generasi-generasi dengan karakter yang berbeda-beda.

1.      Generasi “X” atau yang biasa dikenal sebagai Baby Boomer, generasi periode ini adalah populasi dengan tahun kelahiran pada tahun 1966 – 1976 dimana tingkat pertumbuhan penduduk mencapai titik tertinggi. Karakteristik generasi ini adalah sikap skeptis terhadap suatu masalah.  Tetapi generasi ini adalah generasi yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.
2.      Generasi “Y” atau biasa disebut sebagai generasi millenium, generasi ini dilahirkan pada periode tahun 1977 – 1994. Karakteristik generasi  ini adalah berprinsip pada kebebasan berpendapat, berekspresi seiring perkembangan teknologi informasi, berkembangnya media informasi seperti televisi dan radio.
3.      Generasi “Z” , generasi ini adalah populasi dengan tahun kelahiran pada tahun 1995 – 2012. Populasi pada Generasi ini adalah yang tertinggi bila dibandingkan generasi sebelumnya. Karakterisitik generasi ini sebegaimana kita lihat saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi Informasi dengan sudah berevolusinya media interaksi/komunikasi di masyarakat.

Dari penjabaran diatas, saat ini kita tengah dihadapi oleh generasi “Z” dengan masalah-masalah yang sudah mulai kita rasakan. Bagaimana saat ini kita lihat suatu generasi yang cenderung memanfaatkan internet dan “Social Media”-nya yang berakibat berkurangnya interaksi sosial langsung (komunikasi tatap muka). Dikhawatirkan generasi ini menjadi lebih tertutup dan cenderung malas beraktivitas, karena adanya kehidupan di dunia Internet.

Karena perkembangan teknologi tidak dapat ditahan dengan semakin canggihnya gadget dan teknologi komunikasi data yang hampir tanpa batas.  Maka salah satu cara yang dapat kita lakukan dalam menghadapi generasi “Z” adalah dengan membentuk dan memperbanyak wadah-wadah untuk beraktivitas diluar ruangan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar. Seperti oraganisasi olahraga, kegiatan kesenian atau kegiatan kerohanian.

No comments:

Post a Comment