Wednesday, June 29, 2016

Tugas 1 - Analisa Ejaan dan Diksi Pada Paragraf



Aksi Selebrasi Earth Hour 2016 di Taman Lembah Gurame


DepokNews — Setelah  kurang lebih dua tahun Earth Hour Depok melakukan aksi berkaitan dengan lingkungan, seperti Operasi Semut (opmut), edukasi, kelas lingkungan, hingga beragam aksi kolaborasi komunitas lainnya di Depok,  Sabtu, 19 Maret 2016 Earth Hour Depok  (EHD) kembali mengadakan selebrasi Earth Hour di mana selebrasi tersebut merupakan momentum untuk meningkatkan kembali kepedulian kita terhadap bumi.

Dalam memperingati aksi mematikan lampu selama satu jam yang dilakukan setiap tahunnya pada minggu ketiga pada Maret. Pada tahun lalu, Earth Hour Depok melakukan aksi selebrasi mematikan lampu selama satu jam di Taman Lembah Gurame, tahun ini Taman Lembah Gurame masih menjadi tempat favorit Earth Hour Depok untuk  menggelar selebrasi pada Sabtu, 19 Maret 2016. Earth Hour Depok memilih Taman Lembah Gurame karena ingin mengenalkan kembali taman kota Depok dan mengisi kegiatan yang lebih bermanfaat di taman kota. Di sana kami mengajak beberapa elemen dari pemerintah kota, komunitas, pelajar, dan masyarakat untuk ikut hadir di dalam acara tersebut.

Dalam acara ini, open gate dimulai pada pukul 18.45 WIB. Pada acara ini, selebrasi dibuka dengan tari tradisional. Acara dilakukan dengan pembukaan oleh MC dari abang mpok Depok dan pembacaan doanya yang dipandu oleh Kesatuan Pelajar Muslim Depok (KPMD). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya. Selanjutnya, perwakilan dari pemerintah kota Depok dan koordinator kota Earth Hour Depok memberi sambutan untuk meresmikan switch off pada acara selebrasi Earth Hour tahun ini di kota Depok.

Sebelum lampu dipadamkan, pengunjung menyaksikan cuplikan film dari berbagai video dokumenter yang berkaitan dengan kerusakan  lingkungan. Tujuan dari menampilkan film-film tersebut adalah sebagai bentuk penyadaran terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi. Acara dilanjukan dengan presentasi realita kota yang diwakilkan oleh perwakilan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Depok. Untuk menghilangkan rasa bosan pengunjung, kami menghadirkan kembali pemutaran video. Video kali ini berkaitan dengan kegiatan Earth Hour.
Pukul 20.25 Bapak Walikota Depok KH. Dr. Mohammad Idris, MA memberikan simbolisasi pemadaman lampu atau switch off. Simbolisasi tersebut beriringan dengan aksi komunitas CTC Beatbox. Setelah itu, selama pemadaman lampu acara selebrasi dimeriahkan oleh beberapa penampilan komunitas seperti Soundcloud Depok, DYC-CTC Beatbox, Kangaroo Parkour, dan DSC-CTC Beatbox.

Setelah lampu taman kota kembali dinyalakan, pengunjung dimanjakan dengan penampilan perkusi dari SMAN 2 Depok. Acara ditutup dengan testimony beberapa pengunjung atas berjalannya acara Selabrasi Earth Hour Depok 2016. Usainya acara ini, harapan yang didapatkan kepada pengunjung yaitu memberikan manfaat untuk menghemat listrik dan dapat diterapkan sebagai gaya hidup ramah lingkungan.

Sumber :
www.depoknews.id (2016). Aksi Selebrasi Earth Hour 2016 di Taman Lembah Gurame.[online]. Diambil dari http://www.depoknews.id/aksi-selebrasi-earth-hour-2016-di-taman-lembah-gurame/ [Diakses pada 20 Maret 2016]

Tabel kesalahan dan perbaikan
No
Kata/Kalimat
Perbaikan
1
….Sabtu, 19 Maret 2016 Earth Hour Depok  (EHD) kembali mengadakan…
Pada hari Sabtu, 19 Maret 2016, Earth Hour Depok (EHD) kembali mengadakan…
2
…mengadakan selebrasi Earth Hour di mana selebrasi tersebut merupakan momentum…
….mengadakan Selebrasi Earth Hour yang merupakan momentum….
3
Dalam memperingati aksi mematikan lampu selama satu jam yang dilakukan setiap tahunnya pada minggu ketiga pada Maret.
Dalam memperingati aksi mematikan lampu selama satu jam yang dilakukan setiap tahun di bulan Maret pada minggu ketiga.
4
Pukul 20.25….
Pada pukul 20:25 WIB
5
testimony
testimony

No comments:

Post a Comment